Jumat, 30 Mei 2008

KBB#5: Banoffee Pies

Judulnya KBB#5, tapi ini pertama kali buatku, karena new member :)
Niatnya mengerjakan PR di minggu 1 - 2, tp karena banyak tamu dari kampung halaman, aku keasyikan ngobrol ngalor ngidul, maklum kita jarang bertemu kecuali mendengar suara saja.

Middle mingu ke-2 sudah nyoba bikin, tapi adonan mawur, ga bisa di giles :(. Pisang yang sudah siap di gunakan habis di makan suami, enak je katanya , lha wong pisangnya di bakar dulu, hihihi. Caramelnya, udah jadi juga pakai resep dari host, mentega, gula plus SKM , udah jadi siyy tapi duh dasar lidah ndeso .. huekk muanisssssssss poooolll. Di diemin beberapa hari, akhirnya tak buang :((
Middle minggu ke-3 akhirnya ada kesempatan bikin lagi , hap hap semangaddddddddd.....

=========

Resep Tantangan #5: Banoffee Pies

Tingkat Kesulitan: Menantang

Pastry:
300g tepung terigu, 150g mentega tawar, iris dadu, 5 sdM gula, 2 kuning telur, 3 sdM air dingin

Masukkan tepung, mentega dan gula di dalam food processor, lalu proses hingga tercampur rata, tambahkan kuning telur (memakai pulse, supaya mengadoninya kemungkinan besar dapat tercampur rata dengan kecepatan tinggi dan waktu yang pendek). Proses hingga menjadi remah-remah. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika remahnya menjadi lebih besar (maksudnya sudah terkumpul), matikan mesin dan periksa apakah pastry bisa dikumpulkan jadi satu jika ditekan-tekan menggunakan jari (tekannya pelan-pelan aja, just to make sure). Keluarkan ke atas meja kerja dan kumpulkan (jangan uleni) hingga membentuk bulatan besar. (cara yang paling baik adalah tidak dengan meremas2 adonan supaya tidak mendapatkan hasil pastry yang keras/rubbery. Kumpulkan adonan ke atas plastik, kalau bisa langsung dibentuk seperti bola lewat cara merapatkan seluruh ujung plastik menjadi satu sehingga membentuk bola, jadi tidak menggunakan jari jemari anda untuk membentuk apalagi meremas adonan.
Note: jika tidak mempunyai food processor, tepung bisa dicampur dengan mentega pakai jari hingga berbentuk remah-remah hanya saja jangan diremas-remas. Gunakan ujung2 jari jika ingin mencampurkan tepung dengan mentega.
Setelah terkumpul membentuk bola diamkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.
Keluarkan dari kulkas, giling sehingga mencukupi untuk menutup 20-22cm flan tin atau loyang pie/tart.. Tekan-tekan hingga memadati seluruh dasar loyang. Trim pinggiran pie/tart lalu tusuk dasar pastry dengan garpu. Sisihkan sebentar selama 30 menit.
Alasi kertas roti dan gunakan biji-bijian untuk menekan adonan supaya tidak menggelembung jika dipanggang. Panggang suhu 180C selama 12-15 menit atau hingga pastry kelihatan kecoklatan. (Lalu angkat kertas roti dan biji2an lalu panggang lagi selama 5 menit hingga dasar pastry mengering.)

Filling :
75g mentega, 50g brown sugar, 3 sdM susu, 300g SKM, 2 buah pisang matang tapi tidak lembek, 300ml krim, ½ -1 cup white chocolate curls atau parut.

Masak mentega dengan gula hingga mentega leleh dan gula larut. Didihkan dan masak selama 1 menit (dengan api kecil), sambil diaduk-aduk menggunakan sendok kayu. Angkat dari api dan tambahkan susu dan SKM. Kembalikan ke atas api dan didihkan. Masak hingga 5-6 menit, diaduk-aduk hingga filling mengental dan berwarna kecoklatan. Dinginkan. (jika ingin mendapatkan efek runny, masaknya hanya sampai 4 menit saja).
Iris-iris pisang dan susun di dasar pastry yang sudah dipanggang. Tuang karamel lalu dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam. Kocok krim hingga kaku lalu tuang ke atas pie/tart (boleh dengan cara mengolesi atau menyemprot dengan spuit, it's the time to use your imagination!) Taburkan coklat serut di atas krim.

============
21 Mei ....
Pulang kerja , mandi, magrib , makan .. mulaiiiiii.
Siapkan bahan2 Pastry :

















Mulai mencampur terigu, mentega , gula, kuning telor, air es. Ga punya pisau pastry, akhirnya menggunakan ujung2 jari saja, hihihi, kuku bersih boooo' tenang ... :). Setelah masuk air es 3 sendok eh masih mawur , aku tambahin jadi 6 sendok, alhamdulillah pas langsung bisa menyatu ketika aku buat bulatan dengan plastik . Simpen di kulkas 30 menit - nonton sinetron dulu ahhhh -












Deg-degan ambil adonan, aku keluarin dari kulas, giles dan hup .. ga bisa mulus nempel di cetakan , qiqiqi .. susah bener masang nya , sampe keringetan . Tusuk2 dengan garpu, panggang. ambil panggang kulit, bikin caramel dan bakar pisang. Kali ini caramel tanpa SKM ( gpp ya Mods, eneg nih .... ).












Setelah sekian menit, taraaa ... kulitku jadi .. horee ... :)Atur pisang, tuang karamel, simpen lagi di kulkas ...Karena perlu waktu 2 jam dan sudah jam 10 malam, aku tinggal tidur aja, baru pagi2 nya kocok krim , semprotin ke pastry, hias dengan coklat model pisang. Lagi-lagi ngga pake coklat putih karena udah ngebayarin eneg-nya :((






















Dan ini hasilnya, horeeeeeeee lulusssss ... :))

7 komentar:

Arfi Binsted mengatakan...

wih itu pisangnya dikaremelin ya? boljug idenya!! suiiiiiiiitttt!! selemat ya bu dah lulus hehehe dipasang dong tanda lulusnya hehehe!

ezza's mengatakan...

wah.. cantik lho penampakan Banoffeenya..
Plok..plok..plok...

~Atiek~ mengatakan...

Cantik lho pienya.. selamat ya..
Itu pisangnya menggoda banget.

Andrie Anne mengatakan...

Pisangnya dibakar dulu. Bener juga ya. Makin maknyus dong. Salam KBB:-)

Putria Fatmasari mengatakan...

mbak wiwin...mampir nih...
barusan anakku nanyain nih...itu pisang ya Ummi..aku bilang iya hehehhe...dia nya minta dibuatin hihihihi....soale kecil2 dah penggila pisang nih hehehe....aku contek resep nya yo mbak..thanks

mae mengatakan...

duh rolling pinnya imyut banget sih >_< pisang yg buat topingnya juga tuh lucu banget. Sukses ah !

MiNDY mengatakan...

coklat model pisangnya lutuw bener. cantik penampakan pie-nya.